Rabu, 06 Juli 2011

ADA APA DENGAN KEN ANGROK????

Siapa yang tidak kenal Ken Angrok atau yang juga tenar dengan sebutan Ken Arok. Tokoh yang kehadirannya sangat kontroversial dan membawa warna tersendiri dalam sejarah Klasik di Nusantara. Hampir setiap orang mulai yang akar rumput hingga yang sundul langit pernah membicarakannya. Kisah hidup Ken Angrok adalah sumber yang tak pernah kering bagi kajian akademis maupun karya - karya yang bersifat imaginatif.

Sebagai cikal-bakal wangsa Penguasa Jawa Dwipa Mandala dan Nusantara, Rajasa Wangsa; kisah hidupnya sangatlah menarik dan misterius. Mulai dari proses kelahiran yang Gaib, Perilakunya yang sangat penuh Kontroversi hingga peneguhannya sebagai Sang Rajasa Amurwabhumi, semuanya sangat membingungkan dan penuh dengan Misteri-misteri.

Hingga saat ini keseluruhan kisah hidup Ken Angrok masih menggelitik para cerdik pandai di berbagai bidang dan para pencinta sejarah guna melakukan Kajian lebih mendalam lagi.

Siapa sebenarnya dan mengapa Ken Angrok ?????

1 komentar:

  1. Sebenarnya kemisteriusan Ken Arok sengaja diciptakan sebagai bagian dari upaya untuk menokohkan Raja Singosari tersebut sebagai sosok terpilih. Sebagai seorang tokoh penting dalam sejarah, sudah waktunya diadakan pengkajian lebih mendalam dan lebih ilmiah terhadap sosok Ken Arok. Jika tidak, kita bisa terjebak dalam konsep "his story" (bukan history) atau cerita-cerita fiktif yang sengaja diciptakan oleh para pujangga pendukung raja. Ini tentu akan menjadikan sejarah tidak ilmiah atau tidak masuk akal dan bahkan menyesatkan.

    BalasHapus